Senin, 15 September 2014

Maba Bergemuruh di OPAK 2014

maba 2014

Ratusan mahasiswa baru (Maba) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak 2014 memadati gedung sport center  IAIN Pontianak. Mereka berkumpul bukan untuk mengikuti tes masuk kuliah karena semua tes telah selesai dilaksanakan.

Mereka semua berkumpul dalam ruangan tersebut untuk mengikuti kegiatan Orientasi Pengenalan Akademik (OPAK) 2014. Semangat mereka untuk mengikuti OPAK kali ini mengalahkan semangat mereka untuk menikmati liburan di rumah mereka masing-masing. Itu menandakan bahwa semangat para mahasiswa tersebut sangat tinggi untuk mengikuti  kegiatan tahunan ini.

Ruangan sport center panas seketika saat para maba yang dipecah menjadi beberapa kelompok memenuhi ruangan. Hawa panas tersebut berasal dari para  mahasiswa baru yang sebelumnya di kumpulkan di luar ruangan sejak subuh.

Apa yang di lakukan para panitia OPAK sukses membuat semangat para mahasiswa baru membara, sehingga mereka siap untuk mengikuti OPAK yang dilaksanakan dari pagi-pagi sekali hingga sore.

Semangat dan kekuatan para maba tentu tidak sama. Namun itu menjadi warna tersendiri dalam dinamika OPAK kali ini. Mahasiswa terlambat, atribut kurang lengkap, sandi makanan yang salah dan masih banyak yang lainnya adalah masalah yang biasa terjadi.

Banyaknya mahasiswi yang jatuh pingsan dan tidak kuat ketika mengikuti rangkaian kegiatan OPAK tidak mengganggu jalannya kegiatan, mahasiswa masih tetap semangat meski hari sudah semakin siang dan suasana di dalam ruangan semakin terasa panas.Semangat para mahasiswa baru semakin terlihat ketika mereka diberikan kesempatan untuk mengajukan pertanyaan kepada pemateri. Beberapa mahasiswa dan mahasiswi bergantian mengajukan pertanyaan yang didahului dengan sedikit pengantar singkat tentang pertanyaan yang akan mereka ajukan.

Sorak-sorai dan tepuk tangan dari para peserta menggema di dalam ruangan, menandakan bahwa pertanyaan yang diajukan teman-teman itu bagus.

Para MC dan protokoler juga turut membangkitkan semangat para mahasiswa yang mulai kendor semangatnya. Itu baru hari pertama, masih ada beberapa hari lagi yang harus mereka lalui dengan segudang cerita di kegiatan OPAK 2014.

0 komentar:

Posting Komentar