Kamis, 18 September 2014

Cegah Kanker ala Mahasiswa

Cegah Kanker ala Mahasiswa

Seorang mahasiswa harus pandai – pandai menghemat uang selama kuliah, sebab uang seribu rupiah akan sangat berarti sekali bagi seorang mahasiswa. Sebagian besar mahasiswa akan mengalami masa-masa ketika tidak memiliki cukup uang untuk memenuhi kebutuhannya, disinilah mereka belajar bagaimana bertahan hidup hingga awal bulan.

Berikut ini tips dan cara menghemat uang  yang biasa dilakukan selama menjadi seorang mahasiswa:

1. Menabung
Menabung adalah hal yang mudah, tapi sulit untuk dilakukan. Menyisihkan sedikit uang kiriman dari orang tua tiap bulan adalah jalan terbaik untuk berhemat, belilah sebuah celengan yang sulit untuk dikeluarkan sebagai tempat penyimpanan uang kamu.


2. Rajin Berolah Raga
Berolahraga membuat badan menjadi sehat dan tidak mudah sakit-sakitan. Jika kamu sakit, otomatis akan membuat kamu mau tidak mau harus mengeluarkan uang untuk membeli obat dan lain-lain. Jangan pernah gengsi untuk berjalan kaki ke kampus, sebab jalan kaki baik untuk kesehatan.


3. Berpuasa
Berpuasa sunnah selain mendapat pahala Dari Allah SWT juga dapat menghemat uangmu. Sebaiknya kamu berpuasa Senin-Kamis sesuai sunnah dalam Islam. Aktivitas di kampus biasany
a padat dari pagi sampai sore, mulai dari aktivitas penting seperti kuliah dan aktivitas tidak penting seperti ngobrol tidak jelas di kampus. jadi sepulang dari kampus kamu bisa langsung berbuka puasa.



4. Stop Merokok
Merokok adalah aktititas yang dapat membuat kamu mengalami kanker alias kantong kering.  Zat nikotin yang terkandung di dalam rokok dapat membuat kamu ketagihan untuk terus membeli sebatang rokok. Walau harga sebatang rokok itu hanya 500 perak, tapi jika dikalikan banyak, maka harga rokok itu juga menjadi mahal. Jika kamu sudah terlanjur kecanduan merokok, maka sebaiknya hentikan kebiasaan 
tersebut.

5. Bawa ala kadarnya
jika ke kampus sebaiknya bawa saja barang-barang yang sangat diperlukan. Demikian pula dengan uang. Berapapun uang yang kamu bawa di dalam dompetmu, pasti akan cepat habis. Oleh karena itu , sebaiknya bawa saja uang seperlunya saja.


Itulah 5 Tips dan cara mengehemat uang ala mahasiswa. Semoga semua mahasiswa di Indonesia tidak lagi sering mengalami kantong kering selama menjalani pendidikannya di Perguruan Tinggi.


Oleh: Bahrul Ilmi

0 komentar:

Posting Komentar