Sabtu, 26 Oktober 2013

Pengumuman Beasiswa DIPA Akhirnya Keluar

databeasiswadipa2012
Warta IAIN Pontianak - Pengumuman Beasiswa DIPA 2013 yang direncanakan akan keluarkan pada tanggal 7 Juli 2013 akhirnya keluar, Rabu (09/10). Pengumuman ini sudah lama-lama ditunggu-tunggu oleh mahasiswa yang ikut mangajukan beasiswa DIPA. Sebelumnya, pengumuman yang belum juga muncul dari waktu yang sudah ditetapkan menuai banyak opini dari bebagai kalangan mahasiswa, terutama menyangkut waktu yang sudah ditentukan, bahwa pengumuman beasiswa akan terpampang pada tanggal 07 Juli 2013.

Salah satu mahasiswa yang sudah lama menunggu pengumuman beasiswa menyampaikan opininya kepada tim warta saat di wawancarai, “Pada saat tanggal 07 Juli saya datang ke kampus ingin melihat pengumuman beasiswa DIPA, ternyata belum keluar, dan saya kecewa. Karena saking lamanya menunggu, akhirnya saya pasrah saja, kalau dapat, yah! memang rezekinya kalau tidak, berarti belum rezekinya.” Ungkap mahasiswa yang enggan disebutkan namanya tersebut.

Senada juga diungkapkan oleh Syarif Hidayatullah mahasiswa jurusan tarbiyah semester 3, “Pastinya kecewa, jika waktu itu dapat dipastikan tentu ringan, mungkin ada lain hal yang bermasalah namanya juga manusia yang membuat itu terlambat. Namun untuk kedepannya, bisa direvisi waktunya dan bisa dipastikan waktunya.”

Lambatnya pengumuman beasiswa DIPA 2013, itu dikarenakan berkas-berkas pengajuan beasiswa mahasiswa yang tidak lengkap, padahal dalam prosedur yang ditetapkan jelas, persyaratan apa saja yang harus dilengkapi oleh mahasiswa sesuai dengan pengumuman beasiswa DIPA yang sudah ditempel di setiap mading kampus. Sehingga harus dibuka kembali untuk dilihat kelengkapan berkas-berkas tersebut.

Ketua Puket III bapak Hermansyah, M.Ag menjelaskan kepada wartawan warta mengenai masalah beasiswa DIPA sehingga terlambat keluar pengumumannya, “Dari pengumuman dan pengumpulan data membutuhkan waktu, Sekitar 700 lebih yang mengajukan beasiswa, dan 631 mahasiswa yang dapat. Banyak masalah di data itu, misalnya dia di formulirnya tidak dituliskan penghasilan orang tuanya, tidak lengkap slip biaya listriknya.”

Beliau juga menjelaskan, bahwa di data itu juga ada kecurangan-kecurangan yang dilakukan oleh mahasiswa, seperti foto copy slip setoran listrik milik mahasiswa lain, dan setelah dilihat sama, ada juga mahasiswa yang tidak aktif mengajukan beasiswa dengan foto copy kartu tanda mahasiswa yang masih aktif, dilihat dari tulisannya yang bertimpa-timpa. Bahkan ada data yang tidak dilengkapi dengan transkip nilai. Sebab transkip itu penting untuk menentukan mahasiswa itu dapat atau tidak.

Dari permasalahan itulah, bisa terjawab sudah, kenapa pengumuman beasiswa yang dipastikan tanggal 7 Juli bisa terlambat. Mahasiswa yang sudah dipastikan dapat beasiswa DIPA tinggal menunggu pencairan nominal uangnya. Khairul Muttaqin selaku staf Puket III menegaskan, pencairan uang tidak dilakukan oleh pihak Puket III, namun pencairan itu akan dilakukan oleh Kantor Pusat Perbendaraan Negara (KPPN) Provinsi Kalimantan Barat. (Han)

3 komentar: