Rabu, 17 September 2014

Peluang Usaha Ala LDK Matimsya

Peluang Usaha Ala LDK Matimsya

Seperti  pelaksanaan OPAK  pada tahun-tahun sebelumnya, Stand Unit Kerja Mahasiswa (UKM) selalu terbangun rapi dan elok dengan hiasan dan atribut OPAK untuk dijual dan dipamerkan kepada mahasiswa baru. Begitupun pada OPAK tahun 2014 ini, Stand UKM berdiri dengan ciri khasnya masing-masing. Seperti apa yang ditampilkan oleh UKM Lembaga Dakwah Kampus (LDK) Majlis Tadabbur Islam Masjid Syarif Hidayatullah (Matimsya) IAIN Pontianak.

Menurut  Raden Nurhayati,  satu di antara anggota LDK Matimsya, mengatakan bahwa tujuan dari didirikannya stand tersebut untuk saling membantu satu sama lain. Tidak hanya membantu tapi juga bisa memberikan inspirasi kepada para mahasiswa baru agar mereka bisa mengenal lebih jauh tentang UKM LDK Matimsya. Tujuan lain berdirinya Stand ini adalah untuk menambah keuangannya dengan menjual beberapa atribut OPAK dan segala macam aksesoris, seperti papan nama, kaos kaki, kerudung dan bross.

Selain itu tersedia pula makanan ringan seperti snack dan pop ice. Barang-barang yang dijual tersebut merupakan hasil  sendiri yang dibuat oleh para anggota.

Raden juga menuturkan, hasil yang diperoleh dari penjulan tersebut cukup memberikan keuntungan. Pada hari pertama OPAK, mereka mampu memperoleh omset sebesar  Rp. 2.000.000,- karena pada hari itu banyak mahasiswa baru yang membeli atribut OPAK. Sedangkan pada hari kedua OPAK penghasilan menurun karena mahasiswa baru hanya membeli es, papan triplek dan makanan ringan saja. Tapi dalam mempersiapkan itu semua, mereka tidak mengalami kendala apapun karena mereka melakukan itu semua dengan kerjasama dan kekompakan tanpa keluhan apapun.

Banyak manfaat yang dirasakan dari adanya stand ini bagi LDK Matimsya dan mahasiswa baru. Manfaat yang dirasakan adalah sahabat Matimsya bisa berkenalan dengan mahasiswa baru dan membantu menyediakan atribut OPAK untuk mahasiswa baru, menjual es dan makanan ringan. Manfaat lain yang dirasakan adalah bisa menjadi inspirasi bagi para kader LDK Matimsya untuk berwirausaha dan senantiasa bekerja sama  Dalam  menarik minat mahasiswa baru untuk bergabung menjadi anggota di UKM LDK Matimsya.

Reporter: Muslimin & Yuni Mustika

0 komentar:

Posting Komentar